Bentuk gelombang tegangan dan arus selama komutasi

 Artikel
loading...

periode-periode konduksi dioda-dioda dalam kelompok atas dan kelompok bawah ditunjukkan pada beberapa siklus suplai tiga fase. Ini menunjukkan bahwa hanya dua dioda mengkonduksi arus pada suatu waktu (kecuali selama periode komutasi, yang diasumsikan pendek secara infinit) dan bahwa masing-masing dari keenam dioda mengkonduksi selama hanya satu bagian dari siklus dalam satu rangkaian reguler. Komutasi terjadi secara bergantian dalam kelompok atas dan kelompok bawah.

Tegangan output DC VD bukan sebuah tegangan smooth dan terdiri dari bagian-bagian bentuk gelombang tegangan fase ke fase. Untuk setiap siklus 50 Hz AC Waveform (20 ms), tegangan DC VD terdiri dari bagianbagian enam pulsa tegangan, VAB, VAC, VBC, VBA, VCA, VCB, dll., karena itulah namanya bridge rectifier enam pulsa

Magnitudo rata-rata dari tegangan DC bisa dihitung dari bentuk gelombang tegangan yang ditunjukkan dalam Gambar 5-5. Harga ratarata diperoleh dengan mengintegrasikan tegangan atas salah satu dari 40 bagian 1200 berulang dari kurva tegangan DC. Integrasi ini menghasilkan sebuah magnitudo rata-rata dari tegangan VD sebagai berikut:

Sebagai contoh, arus dalam fasilitas A ditunjukkan dalam Gambar . Arus non-sinusoidal yang mengalir dalam masing-masing fase mains suplai dapat mempengaruhi performa suatu peralatan AC lain yang tersambung. Dalam prakteknya, untuk menjamin bahwa kapabilitas tegangan penghambat reverse (reverse blocking voltage) dispesifikasi secara tepat, perlu mengetahui magnitudo tegangan penghambat reverse yang muncul pada masing-masing dioda pada line suplai yang didesain untuk beroperasi dengan bentuk-bentuk gelombang sinusoidal.

Bentuk gelombang tegangan dan arus selama komutasi

Secara teoritis, Tegangan reverse maksimum pada sebuah dioda sama dengan puncak tegangan fase ke fase. Contohnya, Tegangan reverse VCA dan VCB muncul pada dioda D5 selama periode penghambat (blocking). Dalam prakteknya, satu faktor pengaman (safety factor) sebesar 2,5 umumnya digunakan untuk menspesifikasi kapabilitas penghambat reverse (reverse blocking) dioda-dioda dan saklar-saklar elektronik power lain. Pada sebuah bridge rectifier yang diisi dari suplai power 415 V,

Author: 

No Responses

Comments are closed.