Bahan-bahan Magnet

 Listrik Dasar
loading...

Fenomena kemagnetan banyak bergantung pada sifat-sifat medium perantara yaitu permeabilitas. Setiap medium perantara mempunyai dua macam permeabilitas yaitu permeabilitas absolut Bahan-bahan yang mempunyai sifat dapat ditarik oleh magnet disebut bahan magnet. Berdasarkan sifat tersebut maka bahan-bahan magnet diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis sebagai berikut :

Medan magnet konversi energi listrik

Medan magnet konversi energi listrik

  1.  Bahan fero magnit; bahan ini mempunyai sifat daya tarik yang kuat sekali oleh magnet. Bahan-bahan dimaksud adalah besi, baja, nikel, cobalt dan logam-logam campuran tertentu. Umumnya bahan-bahan ini mempunyai permeabilitas relatif yang tinggi sekali dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya.
  2. Bahan paramagnet; jenis bahan ini mempunyai daya tarik yang tidak terlalu kuat oleh magnet. Bahan-bahan dimaksud adalah aluminium, timah, platina, magnesium, mangan dan lain-lain. Umumnya bahan ini mempunyai permeabilitas relatif lebih besar dari satu. Bahan ini akan menjadi magnet yang tidak begitu kuat jika ditempatkan dalam suatu medan magnet dari magnet yang kuat. Bahan paramagnet yang telah menjadi magnet ini akan menimbulkan medan magnet dengan arah yang sama dengan arah medan magnet pertama.
  3. Bahan dia magnet; Jenis bahan ini mempunyai sifat ditolak oleh magnet. Bahan-bahan dimaksud adalah seng, merkuri, timah hitam, sulfur,t embaga, perak dan lain-lain.Umumnya bahan-bahan ini mempunyai permeabilitas lebih kecil dari satu. Apabila bahan-bahan tersebut ditempatkan dalam medan magnet dari suatu magnet yang kuat maka bahan-bahan tersebut akan menjadi magnet yang kekuatannya relatif kecil sekali. Medan magnet yang dibangkitkan bahan diamagnet setelah menjadi magnet mempunyai arah berlawanan dengan arah medan magnet pertama. Bahan paramagnet dan bahan diamagnet biasanya disebut bahan-bahan non magnet.

Author: 

No Responses

Leave a Reply