Arus Bolak – Balik

 Elektro Dasar, Listrik Dasar
loading...

Arus bolak-balik dibangkitkan oleh sebuah generator (dinamo arus bolak-balik) prinsip kerja dinamo listrik adalah berdasarkan atas induksi gaya gerak listrik (g.g.l).Kawat penghantar yang berada dalam medan magnet dan letaknya tegak lurus terhadap arah medan (V) bila digerakkan memotong garis-garis gaya (B) timbullah dalam kawat itu arus listrik. Berarti bahwa dalam kawat timbul gaya gerak magnet listrik. Apabila suatu coil diputar dalam medan magnit homogen maka pada coil dimaksudkan dibangkitkan gaya gerak listrik (ggl) berubah-ubah, yang secara sistematis dapat ditulis sebagai berikut :

V = U = Um Sin ωt

Dimana : U adalah harga sesaat ggl yang dibangkitkan, ω adalah kecepatan angular putaran coil, Um adalah harga maksimum ggl yang dibangkitkan. Secara grafik ggl sesaat yang dibangkitkan ini dapat digambarkan sebagai berikut.

Gelombang arus bolak-balik

Gelombang arus bolak-balik

Sumbu Horizontal merepresentasikan waktu dan sudut q yang dibentuk oleh lintasan coil selama waktu t, dimana q = ω t. Gambar di atas memperlihatkan satu cycle lintasan coil atau disebut juga satu periode lintasan coil (T). Bagaimanakah prinsip pembangkitan tegangan bolak-balik?
Prinsip pembangkitan gaya gerak listrik (ggl) adalah merupakan peristiwa induksi. Apabila sebuah batang penghantar digerak-gerakkan dalam meda magnet sehingga memotong garis-garis gaya magnet,maka pada penghantar tersebut akan terbangkit ggl induksi. Besarnya ggl yang terbangkit sesuai dengan hukum yang ditemukan Faraday dan dikenal dengan hukum Faraday yang berbunyii seperti berikut: Besarnya ggl induksi yang terbangkit dalam suatu penghantar atau rangkaian berbanding lurus dengan cepat perubahan flux magnetik yang dilingkupinya.

Author: 

No Responses

Leave a Reply