Aplikasi Bimetal atau Thermal switch

 Artikel, Uncategorized

Pada aplikasi ini permukaan sensor thermal switch diletakan pada perangkat di bagian yang mengasilkan atau tempat menjalarnya panas. Thermal switch bekerja pada temperatur nominal tertentu. Pada kondisi normal titik kontak thermal switch terhubung (NC = Normaly Close). Apabila temperatur maksimum terlampaui maka pelat bimetal akan melengkung dan titik kontak menjadi terbuka. Biasanya di pasaran tersedia bebrapa pilihan untuk nilai temperatur maksimum dari thermal switch.

Contoh aplikasi ini adalah thermal switch pada motor listrik, kipas angin listrik dan lain-lain. Dimana thermal switch di tempal pada bodi dari motor dan pada saat temperatur ambang terlewati maka motor akan mati. Beberapa jenis thermal switch untuk aplikasi ini dilengkapi pengaturan tekanan pegas terhadap plat bimetal sehingga temperatur maksimumnya bisa diatur. Contohnya pada setrika listrik.

sensor thermal switch

Pada aplikasi ini thermal switch diletakan pada bagian yang menghasilkan atau dirambati dingin. Thermal switch bekerja pada temperatur nominal tertentu. Pada kondisi normal titik kontak thermal switch terhubung (NC = Normaly Close).

Apabila temperatur minimum terlampaui maka pelat bimetal akan melengkung dan titik kontak menjadi terbuka. Contoh aplikasi ini adalah pada kulkas dan AC. Untuk aplikasi ini biasanya thermal switch memiliki sistim kerja yang berbeda. Biasanya thermal switch terbuat dari pipa tembaga yang ujungnya di las sedangkan ujung lainnya dihubungkan dengan semacam tabung yang bentuknya berlipat-lipat. Ujung yang di las ditempelkan ke sumber dingin. Perubahan suhu akan menyebabkan perubahan volume dari tabung tembaga. Perubahan tabung tembaga akan mendorong tuas titik kontak sehingga saklar menjadi terbuka atau tertutup. Beberapa jenis thermal switch untuk aplikasi ini dilengkapi pengaturan tekanan pegas terhadap plat bimetal sehingga temperatur minimumnya bisa diatur. Pemanfaatan pemuaian zat yang tidak sama koefisien muainya dapat berguna bagi industri otomotif, misalnya pada bimetal yang dipasang sebagai saklar otomatis atau pada lampu reting kendaraan. Selain itu keping bimetal digunakan pada setrika listrik, bel listrik, alarm kebakaran, lampu sen mobil atau motor, rice cooker, oven, pemanas air listrik, kompor listrik, dan termometer bimetal.

Author: 

No Responses

Comments are closed.